-->

Al Quran Hadis Kelas 4, BAB 1 "BELAJAR SURAH AL - ASHR"

BAB 1

BELAJAR SURAH AL - ASHR



Siapa yang pernah membaca surah al-’Ashr?

Tahukah kalian surah al-’Ashr? Apakah kalian sudah sering membacanya? Nah, pada bagian ini kita akan belajar tentang surah al-’Ashr. Bagaimana cara membaca yang benar? Bagaimana cara mengartikan dengan benar? Bagaimana menghafalkannya dengan mudah? Dan mengetahui serta kita dapat menjelaskan isi kandungannya?


Mari ikuti uraian berikut ini!

Surah al-’Ashr terdiri dari 3 ayat, dan merupakan urutan surah ke–103 dalam al-Qur’an, diturunkan sesudah surah al-Insyirah. Disebut surah Makkiyah karena turun di Makkah sebelum Nabi Muhammad Saw hijrah ke Madinah, al-’Ashr artinya “Demi masa”, yaitu menerangkan tentang memanfaatkan waktu dan mengisinya dengan perbuatan yang bermanfaat, nama al-’Ashr diambil dari lafazd al-’Ashr yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Surat al-’Ashr terletak setelah surah at-takaatsur dan sebelum surah al-Humazah.


Dalam pelajaran ini kalian akan belajar membaca surah al-’Ashr, menghafal surah al-’Ashr, menterjemahkan surah al-‘Ashr, menghafal surah al-’Ashr dan memahami isi kandungan al-’Ashr. Mari belajar lebih serius ikuti uraian berikut ini!



A. MEMBACA SURAH AL-’ASHR


Surah al-’Ashr adalah surah al-Qur’an yang tidak asing lagi bagi anak madrasah karena setiap hari pasti dibaca ketika sudah selesai belajar, dan sudah banyak diantara kita yang sudah menghafal surah ini.


Tetapi membaca al-Qur’an itu tidak sekedar membaca saja, harus dengan guru dan ilmu tajwid agar bacaan kita fasih dan benar makhrajnya.

Perhatikan dan dengarkan dengan baik, gurumu akan membacakan surah al-’Ashr selanjutnya ikuti secara bersama-sama teman sekelasmu, jangan lupa awali dengan membaca basmalah:


بِسْمِ اللهِ ال رَ حْمٰنِ ال رَ حِيْمِ


وَالْعَصْرِِۙ ١ اِنَّ الِْْنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍِّۙ ٢ اِلَّْ ا لَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَ قِ ەِۙ  ࣖ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ٣



Agar fasih dan lancar dalam membaca surah al-’Ashr, bacalah satu ayat-satu ayat dari surah al-’Ashr beberapa kali sampai bacaanmu fasih dan benar. Kalau sudah fasih dan benar lanjutkan ke ayat berikutnya secara berulang-ulang sehingga bacaanmu fasih dan benar semuanya.



B. MENERJEMAHKAN SURAH AL-’ASHR


Sebelum kita mengartikan secara lengkap, mari kita mengartikan secara terpisah agar kita mengetahui mufradat (arti kata) !




Terjemah surah al-’Ashr :

  1. Demi masa,

  2. Sungguh, manusia berada dalam kerugian,

  3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.



C. MENGHAFALKAN SURAH AL-’ASHR


Setelah kalian dapat membaca Surah al-’Ashr dengan benar dan fasih, sekarang Menghafal surah al-’Ashr, dengan cara membaca berulang-ulang dari satu ayat dilanjutkan ayat berikutnya secara berulang. tentu sangat mudah menghafalnya bila kamu sungguh-sungguh.



D. MENULIS SURAH AL-‘ASHR


Setelah kita hafal lafal surah al-‘Ashr beserta terjemahnya mari kita bersama-sama belajar menuliskan lafal surah al-‘Ashr secara baik dan benar.

  • Ayo tulis kembali surah al-‘Ashr dengan cara melanjutkan potongan ayat dan atau melengkapi lafal yang sudah ada!


1. وَالْعَصْرِِۙ

2. اِنَّ .... لَفِيْ

3. اِلْ ا لهذِيْنَ ..... وَعَمِلُوا ........ وَتَوَاصَوْا بِالْحَ قِ ە ... بِال ه صبْرِ

4. ….



E. MEMAHAMI ISI KANDUNGAN SURAH AL-’ASHR


Tahukah kamu isi kandungan surah al-‘Ashr?, agar kamu dapat mengetahui isi kandungan surah al-’Ashr, Ayo baca dan pahami uraian berikut!

  • Ayat 1,menjelaskan bahwa al-‘Ashr artinya zaman atau masa yang padanya Bani Adam (keturunan nabi Adam As.) bergerak melakukan perbuatan baik dan buruk.

  • Ayat 2, menjelaskan bahwa Allah Swt. bersumpah dengan menyebutkan bahwa manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, yakni rugi dan binasa.

  • Ayat 3, menjelaskan bahwa yang terhindar dari kerugian di kecualikan bagi manusia yang beriman hatinya dan mengerjakan amal-amal yang saleh, menunaikan dan meninggalkan semua yang di haramkan, tabah menghadapi musibah dan malapetaka serta gangguan yang menyakitkan dari orang-orang yang ia perintah melakukan kebajikan dan ia larang melakukan kemungkaran.

0 Response to "Al Quran Hadis Kelas 4, BAB 1 "BELAJAR SURAH AL - ASHR""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel