-->

KONSEP DASAR IPA SD : CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Ciri-ciri yang Membedakan Makhluk Hidup dari Makhluk Tak Hidup


1.     Makhluk Hidup Melakukan Pernapasan
Ciri pertama yang ditunjukkan makhluk hidup dan tidak dilakukan oleh makhluk tak hidup adalah bernapas. semua makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan melakukan proses iniberlangsung siang dan malam selama proses tersebut hidup. dalam pernapasan ini makhluk hidup mengambil oksigen dari lingkungannya dan mengeluarkan  karbondioksida serta uap air kedalam lingkungannya.
oksigen didalam tubuh makhluk hidup digunakan untuk proses pembakaran (Oksidasi) dari proses ini akan dihasilkan energi yang akan digunakan untuk aktivitas hidup. Proses pembakaran ini dikenal juga sebagai pernapasan sel karena proses tersebut berlangsung di dalam sel.
tidak semua makhluk hidup melakukan pernapasan sel dengan mengunakan oksigen. Ada juga makhuk hidup yang melakukan pernapasan tanpa memerlukan oksigen. Proses ini dikenal dengan pernapasan anaerob seperti yang terjadi pada jamur ragi.
Pada umumnya, oksigen yang diperlukan untuk pernapasan sel tersebut masuk kedalam tumbuhan melalui stomata dan lentisel. Sedangkan pada hewan melalui pernapasan khusus, sesuai dengan jenis hewannya. Organ pernapasan pada hewan umumnya melakukan gerak aktif untuk memasukkan dan mengeluarkan gas. sedangkan pada tumbuhan karna tidak memiliki organ pernapasan secara khusus, pertukaran gas antara organisme dan lingkungannya terjadi secara difusi. Semua bagian tumbuh-tumbuhan, seperti batang, daun, dan akar dapat melakukan proses difusi.

2.     Makhluk Hidup Memerlukan Makanan dan Air
Pernahkah Anda melihat batu makan cicak atau batu minum air? tentu saja jawabnya belum, bukan! Akan tetapi melihat cicakterjepit batu atau batu menyerap air, mungkin saja. Hal ini tidak berarti batu memerlukan makanan atau membutuhkan air walauun tidak ada cicak yang terjepit atau ai yang mengalir abtu tetap menjadi baru dan tidak lantas menjadi "kurus". Sekarang bagaimana halnya dengan ayam? jika kita tidak memberinya makanan dan air, ayam tersebut lama-kelamaan menjadi kurus, dan akhirnya mati. ini merupakan suatu bukti bahwa makhluk hidup memerlukan makanan dan air.

bagaimana halnya dengan tumbuhan. Apakah tumbuhan juga memerlukan makanan dan air? tentu saja jawabnya, ya! Tumbuhan sama halnya dengan hewan memerlukan makanan dan air. Hanya bentuk dan prosesnya berbeda. Hewan memakan makanan dalam bentuk sudah menjadi bahan makanan, kemudian diolah didalam tubuhnya menjadi zat-zat makanan (protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral). Sedangkan tumbuhan dalam bentuk cair dan gas.

Makanan diperlukan oleh makhluk hidup untuk sumber tenaga, untuk tumbuh kebang, dan unutk mengganti sel-sel yang rusak. Sedangkan air diperlukan untuk kesimbangan tubuh, pelarut beberapa zat, vitamin, dan mineral. Makanan diubah menjadi zat-zat yang diperlukan tubuh setelah melalui proses biologi dan kimiawi. Sebagian dari zat makanan tersebut, kemudian melalui proses pembakaran diubah menjadi energi. 

3.     Makhluk Hidup dapat Tumbuh Kembang    
Tumbuh merupakan suatu proses bertambah besarnya ukuran makhluk dan penambahan  ukuran ini tidak kembali kepada ukuran semula. Sedangkan kembang merupakan kata dasar dari berkembang, yaitu suatu proses pencapaian kedewasaan, mulai dari bentuk atau keadaan yang sederhana, seperti biji ke bentuk atau keadaan yang makin kompleks, misalnya pohon. penambhana ukutan dan pencapaian kedewasaan ini terjadi karena adanya proses oembentukan jaringan baru yang diawali oleh penambahan jumlah, ukuran, dan fungsi sel.

4.     Makhluk Hidup berkembang Biak
Berkembangbiak merupakan suatu gejala dasar yang membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Manusia, kucing, ular, dan serangga mempunyai anak dan anak-anaknya ini berkembang menjadi dewasa.
Perkebanganbiakan adalah suatu proses yang terjadi pada mkhluk hidup untuk menghasilkan individu baru sebagai keturunannya, guna mempertahankan kelangsungan hidup jenisnya.

5.     Makhluk Hidup Menerima dan Memberikan Tanggapan terhadap Rangsang (Iritabilitas)

Hal terakhir yang membedakan makhluk hidup dari makhluk tak hidup adalah kemampuan menerima dan memberikan tanggapan terhadap rangsang. dengan istilah ini, tidak berarti manusia, gajah atau pohon mudah terangsang, yang kita maksud adalah mereka memberikan tanggapan (respons) terhadap perubahan dalam lingkungannya.
Andaikan sebutir pasir dan sebutir biji kita pendam berdampingan didalam tanah. butir pasir akan tetap berada disana dengan bentuk yang sama dalam jangka waktu yang lama. sedangkan sebutir biji hanya akan bertahan untuk sementara waktu. Namun apabila lingkungan mulai berubah, biji itu akan memberikan tanggapan yaitu akan bertunas, kemudian batangnya akan muncul dipermukaan tanah dan lambat-laun akan tumbuh menjadi sebuah pohon.

0 Response to "KONSEP DASAR IPA SD : CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel