-->

Mari Membaca Surah Al-kahfi





JANGAN LUPAKAN MEMBACA SURAH AL KAHFI MALAM JUMAT DAN HARI JUMAT

Alhamdulillah bertemu lagi dengan hari Jum'at, hari yang penuh berkah. Luangkan waktu untuk melaksanakan Sunnah didalamnya.

Sunnah- Sunnah diantaranya adalah memperbanyak sholawat dan dzikir, bersedekah, dan membaca surah Al Kahfi. Namun banyak orang yang lalai dalam membaca Surat Al-Kahfi adalah sesuatu yang dianjurkan (mustahab) pada waktu Jum'at karena pahala yang begitu besar sebagaimana berita yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dalam dua hadist mengisyaratkan bahwa surat Al-Kahfi bisa dibaca selama 24jam di hari Jum'at. Dimulai sejak terbenamnya matahari dihari Kamis hingga Maghrib hari Jum'at.

Jadi ini mimin kasih tips baca surat al-kahfi untuk kalian yang lebih sering berkegiatan di luar (untuk melatih biar istiqomah dulu). Kalo udah terbiasa insya Allah nanti bisa diborong langsung selesai ya. Optimis dalam kebaikan 😉

Kalo Punya waktu lebih dibaca langsung sampai selesai itu lebih baik
tapi untuk yang bekerja diluar biasanya ada kendala untuk waktunya, atau capek di perjalanan dan sampe rumah rasanya langsung pengen rebahan aja gitu 😁.

1. Ayat 1 - 30  
   Waktu baca : Kamis Malam (Selepas Magrib)
2. Ayat 31 - 59 
   Waktu baca  : Kamis Malam (Selepas Isya)
3. Ayat 60 - 83 
   Waktu baca : Jumat Pagi (Selepas Subuh)
4. Ayat 84 - 110
   Waktu baca : Jumat Siang ( Selepas Dzuhur)

Betapa banyak orang lalai dari amalan yang satu ini ketika malam Jum’at atau hari Jum’at, yaitu membaca surat Al Kahfi. Atau mungkin sebagian orang belum mengetahui amalan ini. Padahal membaca surat Al Kahfi adalah suatu yang dianjurkan (mustahab) di hari Jum’at karena pahala yang begitu besar sebagaimana berita yang dikabarkan oleh orang yang benar dan membawa ajaran yang benar yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hadits-hadits yang membicarakan hal ini kami bawakan sebagian pada posting yang singkat ini. Semoga bermanfaat.
.
Hadits pertama:
.
مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ
.
“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)
.
Hadits kedua:
.
مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
.
“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Inilah salah satu amalan di hari Jum’at dan keutamaan yang sangat besar di dalamnya. Akankah kita melewatkan begitu saja?

Yuk mari luangkan waktu kita untuk membaca surat Al-Kahfi di setiap Jum'atnya.
Semoga Allah selalu memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholeh sesuai tuntunan Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Semoga postingan ini dapat membantu
Terus tingkatkan dalam setiap amal kebaikan yaaa 😇

0 Response to "Mari Membaca Surah Al-kahfi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel